PELATIHAN GURU MENULIS, GURU GO-BLOG, GURU MENERBITKAN BUKU

Kegiatan menulis tak dapat dipisahkan dari kaum intelektual. Menulis memiliki kekuatan untuk menjawab permasalahan yang berkembang di masyarakat. Dengan demikian masyarakat akan mendapatkan jawaban atas permasalahan yang timbul. Oleh karena itu kaum intelektual akan dapat diakui jika ia menghasilkan sebuah karya ( tulisan ).

Peran serta  guru sebagai salahsatu bagian dari kaum intelektual tersebut memiliki kedudukan yang startegis. Mereka adalah ujung tombak perubahan dan perkembangan generasi mendatang. Kenyataannya, tak banyak guru yang mampu menuliskan ide dan pemikirannya. Kiprah Ki Hajar Dewantara sebagai ikon pendidikan di Indonesia, sepatutnya kita banyak belajar dari beliau. Beliau adalah seorang guru dan suka menulis. Tulisannya yang fenomenal yakni ´ Alk In Netherlands was ” diakui mampu membawa perubahan dalam sejarah kemerdekaan bangsa.

Berkenaan dengan hal tersebut, IGI ( Ikatan Guru Indonesia ) Cabang Kota semarang merencanakan menyelenggarakan pelatihan “ Guru Menulis, Guru Go-Blog, Guru Menerbitkan Buku”.Pelatihan ini merupakan langkah untuk mengurai benang kusut “kemandegan” budaya menulis bagi guru dan menemukan solusi alternatif problematika pendidikan di indonesia.

 Tujuan

  • Memberikan motivasi menulis bagi guru semudah berbicara.
  • Memberikan informasi bagi guru tentang  bagimana menulis di blog
  • Memberikan informasi bagi guru tentang  bagimana menulis di media massa
  • Memberikan informasi bagi guru tentang  bagimana menulis di buku dan menerbitkannya


Manfaat

  • Guru mampu memiliki budaya menulis
  • Guru mampu menulis di blog
  • Guru mampu dan berani mengirimkan karya mereka di media masa
  • Guru memiliki sebuah karya yang diterbitkan menjadi sebuah buku.

Gambaran Materi

Menulis dengan Otak kanan 

Dewasa ini penelitian tentang otak menunjukkan ada bagian otak kiri dan otak kanan. Otak kiri mengandung unsure – unsure yang berkenaan dengan rasio, logika, bahasa dan perhitungan matematis sedangkan otak kanan lebih pada proses kreatif, imajinatif, dan nilai estetika.

Menulis merupakan bagian dari pengolahan otak kiri namun banyak diantara kita yang mengalami kendala saat menulis. Kendala ini bisa jadi karena proses menulis dimulai dengan otak kiri. Melalui metode menulis dengan otak kanan berharap kegitaan menulis akan gterasa mengasyikkan dan dapat menjadi sebuah lompatan dalam menghasilkan karya tulis.

Blog sebagai sumber inspirasi

Membuat blog bukan masalah yang sulit karena siapa saja dapat memilikinya dalam hitungan menit. Permaslahannya adalah bagaiamana merawat blog tersebut agar senantiasa diisi dengan konten-konten yang bermanfaat. Konten dari blog bisa menjadi bahan inspirasi bagi pembaca. Kutipan pesan dari Pramoedya Ananta Toer, dalam rumah Kaca dapat menjadi acuan motivasi menulis di blog. Beliau mengatakan ,“ menulislah, apapun, jangan pernah takut tulisanmu tidak dibaca orang, yang penting tulis, tulis dan tulis, suatu saat pasti berguna”

Lebih daripada itu blog juga dapat menajdi sumber pendapatan bai siapa saja yang mau menmanfaatkan secara optimal dari kegiatan bloging. Namun itu semua dapat dimulai dari kegiatan budaya menulis.

Menembus tulisan di media massa 

Menulis di media massa hanyalah membutuhkan keberanian untuk mengirimkan karya. Banyak guru yang bimbang saat mengirimkan karyanya di media massa. Ketakutan akan penolakan dari redaktur menjadi pangkal pokok permasalahan.Ketakutan itu akan pupus segera setelah mengikuti pelatihan ini.

Pemateri  akan bercerita panjang lebar bagaimana proses redaksi menerima karya guru sehingga layak diterbitkan.Inilah rahasia menembus tulisan di media massa.

 Menerbitkan buku itu mudah 

Budaya menulis di blog, keberanian menulis di media massa dapat menjadi sebuah portopolio bagi guru untuk menerbitkannya menjadi sebuah buku. Tak banyak guru yang memiliki informasi bagaimana menerbitkan karya mereka menjadi sebuah buku. Kenapa buku? Buku merupakan karya nyata peran kita dalam kehidupan. Buku akan berbicara banyak tentang kita sehingga menjadi sebuah bukti bahwa hidup kita di dunia ini berharga, bukankah sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi oranglain. Tepat kiranya bila pemikiran kita tentang solusi permasalahan pendidikan di Indonesia dapat dikekalkan dalam bentuk sebuah buku.

Advertisements

About estu pitarto
Asia Pasific Innovative Teacher 2012, Trainer, Penulis Buku, Konsultan Training

3 Responses to PELATIHAN GURU MENULIS, GURU GO-BLOG, GURU MENERBITKAN BUKU

  1. Zainal Muttaqien says:

    Kapan acaranya? saya mau ikut daftar…kbetulan tesis saya saat ini di UIN Sunan Kalijaga tentang Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah”

  2. estu pitarto says:

    Silahkan bapak bisa kontak Mas Doni Pak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: